List of feeds URL

Urgensi Jadwal Yang Rapi Terhadap Prestasi Sepakbola

Author: febiaji (twitter: @Ajifebi)

Banyak sekali masalah yang harus dituntaskan di dalam sepakbola kita, bukan hanya di dalam lapangan tetapi di luar lapangan banyak sekali yang harus diselesaikan agar sepakbola di negeri ini bisa semakin maju.

Jangan dulu berfikir untuk lebih jauh hal yang paling penting dalam sepakbola ada pengaturan jadwal, jika jadwal berubah maka otomatis akan mengganggu program latihan yang sudah ditentukan sebelumnya. Terlalu jauh kita bilang jadwal di liga teratas negeri ini, kadang di level bawah banyak sekali jadwal yang tidak sesuai dengan apa yang sudah di rancang, walaupun hanya masalah jam waktu bertanding. Tetapi hal itu sangat mempengaruhi kondisi tim, untuk itu pelatih harus memutar otak agar kondisi tim bisa kondusif dengan berubahnya jadwal.

Dalam kasus ini di negeri kita sudah terbiasa memajukan atau mengundurkan jadwal suatu kompetisi itu yang menjadi permasalahan yang akan membuat tim Nasional kita atau klub yang ada di negeri ini bisa terhambat prestasinya. Jika jadwal kompetisi kita tidak sesuai dengan kalender AFC/FIFA maka akibatnya akan fatal, contohnya ketika tim Nasional kita harus berjuang di penyisihan piala Asia. Dengan materi pemain yang sebagian besar kelelahan karena seminggu sebelum laga pemain baru saja menyelesaikan kompetisi yang sangat panjang, akibatnya hasil yang tidak memuaskan di dapat oleh tim Nasioanl kita. Jika sudah seperti ini siapa yang akan bertanggung jawab? yang disalahkan pasti orang lapangan yaitu staf pelatih. Dengan dalih tidak sesuai dengan target maka pelatih pun diberhentikan, apakah menurut kalian adil dengan keputusan tersebut? Silahkan jawab sendiri.

Setiap keputusan yang di ambil pasti ada sisi negatif dan sisi positifnya begitu juga dengan memajukan atau mengundurkan jadwal suatu kompetisi. Untuk sisi negatifnya dengan memajukan atau mengundurkan jadwal kompetisi berdampak pada pelatih yang harus memutar pikirannya ketika jadwal harus tiba-tiba berubah. Kenapa harus memutar pikiran? Coba bayangkan saja setelah kompetisi selesai pelatih itu tidak bisa banyak istirahat karena harus memikirkan program yang harus dijalani untuk kompetisi berikutnya. Pelatih harus menyusun semua program yang harus dilakukan dalam persiapan kompetisi sampai selesai kompetisi, semua itu tidak mudah tetapi harus dijalani oleh seorang pelatih profesional.

Terkait:  Behind The Scenes Manchester United 1989

Tiba-tiba di tengah jalan harus ada perubahan yang mendadak. Sebagai contoh sebelum membuat program latihan pastinya pelatih harus tahu terlebih dahulu target apa yang akan dicapai serta mengetahui jadwal kompetisi agar pengaturan waktu dan periodisasi dalam program bisa sesuai. Setelah semua disusun dengan baik tetapi ada prakteknya jadwal kompetisi tidak sesuai dengan yang direncakan makan akan berdampak pada tim. Seharusnya bulan ini dalam periodisasi persiapan khusus karena jadwal yang berubah makan seorang pelatih harus merubah program yang telah disusun sebelumnya. Dalam hal ini berdampak pada tidak kondusifnya kondisi tim bahkan bisa merugikan pemain sendiri, pemain bisa cedera karena harus melakukan program latihan secara cepat dan pelatih bisa juga merasa tidak dalam kondisi yang 100% karena program latihan tidak bisa dilakukan secara penuh.

Sisi positifnya dengan memajukan dan mengundurkan jadwal kompetisi pada pelatih memiliki ruang yang lebih untuk mempersiapkan tim, dengan mengundurkan jadwal kompetis pelatih bisa memperbaiki yang masih kurang dalam segi taktik biasanya pelatih melakukan ujicoba agar keadaan tim semakin kompak dan sesuai dengan apa yang di inginkan pelatih.

Kesimpulannya jika kompetisi kita ingin berkualitas maka kita sebagai pecinta sepakbola atau organisasi yang mengurus sepakbola harus bisa menyusun jadwal yang baik yang sesuai dengan kalender AFC/FIFA agar sepabola kita bisa menjadi macan asia kembali. Saya sadar bahwa mengurus sepakbola itu tidak gampang tetapi setidaknya jika kita mau berubah menjadi lebih baik pasti bisa dengan syarat harus ada kejujuran dan komitmen yang kuat dengan kemajuan sepakbola itu sendiri.

Apa Pendapatmu?