List of feeds URL

Spanyol 1 vs 5 Belanda: Back Three Ala Van Gaal Menghancurkan Tim Matador

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Kepanikan kubu Spanyol sepertinya tidak hanya terjadi di tengah lapangan, namun juga terjadi di bench. Sebelumnya selama masa ujicoba pra turnamen, tidak pernah Del Bosque menggantikan striker dengan striker ketika serangan timnya buntu. Fernando Torres masuk menggantikan Costa di waktu yang masih 30 menit tersisa.

Selama masa ujicoba, berganti bermain tanpa striker di paruh kedua selalu memberi solusi bagi tim Matador. Kali ini dengan kembali memasang striker tentu saja Spanyol bermaksud mengejar gol. Namun hal ini hanya mengulang tidak efisiennya mereka sebelumnya. Del Bosque coba menambah daya serang dengan memakai single pivot dengan keluarnya Alonso dan digantikan oleh Pedro.

Rencana dadakan Del Bosque tersebut tetap tidak membuahkan hasil. Justru pemainnya terus melakukan kesalahan dan Belanda menghukum mereka dengan dua gol tambahan.

Kesimpulan

Faktor utama keberhasilan Belanda adalah Van Gaal yang sadar jika timnya harus memakai high defensive line. Dengan cara ini, Belanda bisa mengurangi ancaman tendangan jarak jauh dan hanya perlu berkonsentrasi mengantisipasi pemain Spanyol yang mencoba running in behind.

Keberanian Van Gaal mengambil resiko dengan memakai high press juga patut diapresiasi, walaupun di awal laga backline Belanda tampak cukup miris. Beruntung Van Gaal bisa mencari solusi dengan cepat, sebelum kerusakan yang terjadi lebih besar.

Tiki-taka ala Del Bosque sampai sekarang belum bisa menaklukkan tim selevel yang memakai tiga bek. Pertahanan melebar dengan lima pemain masih mempersulit mereka, apalagi jika lawan memakai high defensive line. Jika lawan berusaha compact seperti Italia, Spanyol menemui deadlock ketika menyerang. Masalah juga terjadi jika lawan berusaha agresif melakukan pressing, yang membuat Spanyol kesulitan menahan serangan balik.

Terkait:  Belanda (4) - (3) Kostarika: Waspada Jadi Kunci Van Gaal Taklukkan Pinto

Kesiapan mental mereka juga harus dipertanyakan karena mereka menyandang status juara bertahan. Jika tertinggal satu gol sudah membuat mereka drop, maka sangat mungkin gelar akan berpindah tangan di World Cup Brazil 2014 ini.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?