List of feeds URL

Spanyol 1 vs 5 Belanda: Back Three Ala Van Gaal Menghancurkan Tim Matador

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Van Gaal menemukan solusi yang tepat untuk masalah ini, namun harus menunggu di babak kedua baru bisa diaplikasikan. Belanda tidak merubah cara mereka melakukan marking terhadap tiga pemain terdepan Spanyol. Tapi kali ini jika stopper mereka tertarik untuk naik, maka wingback akan melepas pressing ke fullback Spanyol.

Dengan cara ini mereka tetap mempunyai pemain yang bisa menutup ruang yang ditinggalkan stopper, tanpa harus membuat Vlaar out of position. Efektifitas perubahan ini juga terbantu dengan Del Bosque yang tidak mampu cepat membacanya, sehingga pertahanan Belanda tampak solid hingga akhir.

Dilema Mengawal Dua Striker

Seperti yang ditulis dalam preview sebelumnya, jika Van Gaal memutuskan untuk membuat dua strikernya menempel dua bek tengah Spanyol, maka mereka akan sangat berbahaya ketika mendapat kesempatan serangan balik. Jika melihat hasil akhir, maka perjudian Van Gaal dengan mengambil resiko lebih di belakang berakhir sukses.

Namun keberhasilan Van Gaal tidak bisa dilepaskan dari apiknya dua umpan diagonal Blind yang mengkreasikan dua gol  Belanda. Peran Blind menjadi sangat krusial karena berkat aksinya, Belanda bisa menyamakan kedudukan dan bahkan bisa berbalik unggul di awal babak kedua. Del Bosque sendiri mengakui bahwa timnya hancur secara psikologis setelah tertinggal, sehingga setiap perubahan yang dia lakukan tidak bisa maksimal.

Situasi dua gol berkat assist Blind ini merupakan hasil dari kombinasi skema 3-4-1-2 yang dipakai Van Gaal, serta peran Cesar Azpilicueta dan Jordi Alba yang tidak simetris di pihak Spanyol. Karena Alba relatif lebih agresif, maka Azpilicueta akan sedikit ke tengah untuk melindungi Pique dan Ramos ketika menerima serangan balik.

Terkait:  Fernando Torres Movement Melawan Hull City

Azpilicueta tidak bisa mencegah Blind menerima umpan karena wingback Ajax Amsterdam tersebut tentu saja merapat touchline. Apabila mencoba kembali ke flank, Azpilicueta juga akan selalu berusaha di depan Blind untuk menutup jalur overlap guna mempertahankan defensive line agar tidak turun.

Karena bek Chelsea tersebut kembali ke flank, maka situasi 2 vs 2 di belakang tidak terhindarkan. Tim Oranye beruntung kedua strikernya lihai menempatkan posisi, sehingga Blind tidak harus berusaha menaklukan Azpilicueta, namun memiliki opsi langsung memberikan umpan diagonal.

Tim Matador Habis

Sisi psikologis tim Matador semakin drop ketika wasit mengesahkan gol De Vrij, walaupun sebelumnya tampak Van Persie mengganggu Casillas yang coba memotong umpan set piece Sneijder. Cara main Spanyol semakin tidak terstruktur setelah momen tersebut.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?