List of feeds URL

Siapakah Pewaris Sejati Sir Alex?

Author: Aun Rahman (twitter: @aunrrahman)

Sir Alex Ferguson memang sudah tidak lagi menjabat sebagai pelatih kepala Manchester United, beliau resmi pensiun pada musim 2012/2013, setelah mememenangi 38 Major Throphies , dengan diantaranya adalah 2 gelar Liga Champions, 13 gelar Liga Inggris dan 5 gelar FA Cup, selama kurang lebih 26 tahun bertahta  dengan megah di Old Trafford.

Perdebatan besar diantara kalangan sepakbola ketika sang legenda memutuskan untuk pensiun, nama-nama besar bermunculan digadang-gadang akan meneruskan tahta di Old Trafford, mulai dari Jose Mourinho, Pep Guardiola, Mike Phelan hingga David Moyes. Pada 9 Mei 2013, Manchester United secara resmi mengumumkan David William Moyes sebagai suksesor Sir Alex Ferguson, meskipun demikian perdebatan terus terjadi, terutama di kalangan fans, yang menganggap belum cukup pengalaman di level Eropa untuk menangani Manchester United, dan menganggap Pep Guardiola sebagai pewaris yang tepat.

Kini Manchester United berada dalam kendali pemenang medali perunggu Piala Dunia 2014 Brasil, Louis Van Gaal, dan mencoba membangun kembali kejayaan mereka, setelah terseok-seok pada musim lalu, hingga terdampat di peringkat 7 klasemen di tangan David Moyes yang akhirnya dipecat sebelum musim berakhir. Ryan Giggs mengambil alih sebagai player-caretaker manager, setelah Moyes dilepas.

Ryan Giggs mengikutsertakan Nicky Butt, Paul Scholes dan Phil Neville dalam staff kepelatihanya selama karir manajer singkatnya di akhir musim 2013/2014. Dengan tujuan agar United tidak terperosok terlalu jauh. Fenomena ini menarik bagi pemerhati sepakbola dan amat menyenangkan para fans Manchester United, melihat klub berada dibawah arahan anggota Class of 92 yang legendaris. Tetapi diantara Ryan Giggs, Paul Scholes, David Beckham, Nicky Butt dan Neville Bersaudara siapakah yang pantas menjadi pewaris shahih Sir Alex Ferguson?

Gary Neville

Caps/Gol untuk United 602/7

Beroperasi di sektor kanan pertahanan United, dengan ciri khas permainan yang lugas dan penuh determinasi, Sejak memulai debutnya pada 16 September 1992 melawan Torpedo Moscow di Piala UEFA, , Gary muncul sebagai bek kanan terbaik yang dimiliki oleh Manchester United. Berbeda dengan kebanyak bek sayap pada era sekarang ini, yang cepat dan berteknik, permainan Gary lebih mengandalkan tenaga, tekelnya tepat, dan tidak segan untuk beradu fisik dengan pemain lawan. Bahkan Sir Alex pernah berujar jika Gary Neville lebih tinggi beberapa sentimeter saja, mungkin dia akan menjadikanya sebagai bek sentral.

Terkait:  Manchester United Training

Secara kepribadian, Sekarang menjadi pandit di acara televisi,  dibandingkan Fergie’s Fledglings yang lain, Gary-lah yang memiliki sifat yang hampir serupa. Agitatif, tegas, dan senang mendebat. Bisa terlihat dengan perliaku Gary di lapangan, yang tersohor tentunya adalah ketika Gary menanduk Steve Mcmanaman, pada Derby Manchester pada babak kelima Piala FA tahun 2004 setelah sebelumnya beradu mulut terlebih dahulu. Kini kebiasaan mendebatnya tersalurkan dengan menjadi Pandit di salah satu saluran olahraga terkenal, dan fenomena yang paling heboh tentunya adalah dirinya berdebat panas dengan Jamie Carragher, mengenai siapa yang lebih hebat Steven Gerrard atau Paul Scholes.

Phil Neville

Caps/Gol 263/5

Merupakan anggota termuda, Harus diakui bukan pemain yang cemerlang seperti member yang lain, tetapi pekerja keras dibuktikan bisa main dibanyak posisi, terutama di sektor pertahanan menandakan determinasinya untuk melakukan apapun demi kebutuhan tim, seperti yang disebutkan oleh Sir Alex dalam otobiografinya, bahwa Fizzer, panggilan akrab Phil, merupakan tipe pemain yang bisa disuruh “pergi ke gunung, menebang pohon, lalu kembali lagi”.

Pernah menjabat sebagai staff pelatih Manchester United, selama era David Moyes, dan masa singkat Ryan Giggs, Pria yang juga merupakan saudara kandung dari Gary Neville ini,sekarang mengikuti jejak abangnya sebagai pandit sepakbola di Televisi.

Nicky Butt

Caps/Gol 269/21

Walaupun jarang mendapat apresiasi atas permainannya,salah satu performa menakjubkan Nicky Butt adalah di final liga champions Nou Camp 99, dirinya menggantikan Paul Scholes yang terkena akumulasi kartu, jika bukan karena Butt yang memberikan kestabilan di lini tengah, mungkin United saat itu sudah habis diluluh lantakan oleh Steffan Effenberg dan Mario Basler.

Nicky saat ini bekarir di bidang kepelatihan, dirinya sekarang menjabat sebagai pelatih tim cadangan United, setelah mengakhiri karir di Klub Hong Kong, South China pada 2011 dan berjasa besar menelurkan pemain seperti Adnan Januzaj, James Wilson dan Jesse Lingard

David Beckham

Caps/Gol 394/85

Paling terkenal, paling tampan, paling glamour diantara yang lain, Becks, begitulah ia disapa, merupakan anggota Fergie Fledglings yang harus diyakini, sebagai salah satu sosok yang membuat sepakbola menjadi meng-global hingga sekarang ini. Salah satu momen meng-globalnya sepakbola tentunya adalah kepindahanya dari Manchester United ke Real Madrid, pada 2003 dengan transfer sensasional sebesar 35 Juta Euro.

Terkait:  Melihat Cara Jurgen Klopp Mematikan Serangan Bayern

Tendangan bebas yang ikonik dan umpan lambung yang akurat adalah ciri khas Beck’s, yang menjadikanya terkenal, pada kala itu berapa banyak anak yang ingin mengambil tendangan bebas ketika bermain bola di sekolah, dikarenakan ingin meniru David Beckham.  Belum lagi aksi di luar lapangan, mulai dari fashion hingga potongan rambut. Beckham yang rupawan itu menjadi daya tarik luar biasa, terutama bagi kaum hawa. Potongan rambut Becks sendiri menjadi salah satu potongan rambut yang diinginkan oleh semua orang ketika pergi ke tukang cukur, Becks ganti potongan rambut, begitu pula para fansnya.yang paling fenomenal tentunya potongan rambut fauxhawknya ketika Piala Dunia 2002, yang membuat hampir seluruh remaja kala itu, ingin memilki potongan rambut ala David Beckham.

Tetapi karena keglamouran itu pula lah, kemungkinan Becks untuk menjadi pelatih amatlah kecil, karena Becks sendiri menurut Sir Alex Ferguson, amat mendambakan kehidupan sebagai Selebritis.

Paul Scholes

Caps/Gol  718/155

Pendiam dan pemalu, pada awalnya Sir Alex merasa Scholesy tidak mungkin jadi pemain bola karena badanya terlalu kecil, tetapi Sir Alex dan Eric Harrison pelatih Tim Muda United saat itu mempertahankan Scholes karena memiliki tendangan yang keras nan akurat, juga sentuhan yang bagus.

Gelandang berkelas yang memiliki ciri khas passingnya yang akurat, disegani oleh kawan maupun lawan, mendapatkan pujian dari sesama gelandang kelas dunia, seperti Zinedine Zidane dan Xavi Hernandez, Schoelsy termasuk bagian besar dari kejayaan United selama era Sir Alex Ferguson.

Setelah menjadi staff pelatih ketia Ryan Giggs, menjadi player-manager di akhir musim 2013-2014, Scholes menjadi pandit sepakbola untuk televisi sekaligus co-owner klub semi-profesional salford city, bersama class of 92 yang lain, minus David Beckham.

Ryan Giggs

Caps/Gol  963/168

Berkarir paling lama, baru pensiun akhir musim lalu, pada usia 40 tahun. banyak yang bilang Giggsy merupakan pemain terbaik yang dimiliki oleh Manchester United. Bernama asli Ryan Wilson, Giggsy memulai karir lebih awal dibanding yang lain. Debutnya terjadi pada 2 Maret 1991 melawan Everton di Liga Inggris. Dan menjadi pemain reguler setahun kemudian.Kelincahannya menyusuri sisi lapangan selama 22 tahun karir tentu menjadi catatan yang menakjubkan bagi pesepakbola manapun.  13 gelar Liga, 4 piala FA, dan 2 kali merengkuh titel Liga Champions, adalah bagian dari prestasi Giggs, yang tidak lain merupakan kejayaan dari Manchester United. Maka sosok yang ikonik selain Sir Alex di Manchester United, tentunya Ryan Giggs.

Terkait:  Bayern Munchen Dan Lima Hal Yang Membuat Mereka Menyerah Di Allianz Arena

Giggsy merupakan satu dari sekian pemain yang mengalami banyak masa dalam sepakbola, mulai dari sepakbola tradisional hingga “sepakbola modern” saat ini. Mungkin tidak ada pemain yang bermain dengan banyak pemain yang berbeda sebanyak Giggs, Giggs mulai bermain dari akhir dominasi Liverpool pada awal 90an, dominasi United pada akhir 90an, Invicible Season Arsenal, kedatangan Jose Mourinho ke Liga Inggris, dan tentunya bangkitnya Manchester City setelah dibeli oleh Sheikh Mansour, Giggs mengalami hampir semua perubahan yang terjadi di persepakbolaan Inggris.

Kini Giggsy, yang menyusuri sisi lapangan Old Trafford, membuka lembaran baru dalam pengabdianya bagi Manchester United, setelah memiliki role player-manager pada askhir musim lalu, kini tugas Giggs adalah membantu manager anyar Manchester United, Louis Van Gaal, sebagai Asisstan Manager, untuk mengembalikan United kembali di jalur yang “benar”. Sejauh ini terbukti sesuai dengan rencana, Van Gaal dan Giggs, membawa United berada di Posisi 3 besar klasemen sementara Liga Inggris.

Dari gambaran diatas, kesemuanya memiliki kepribadian yang berbeda, dan tentunya cara tersendiri untuk menunjukan kecintaan mereka terhadap klub yang membesarkan namanya. Klub yang dibela sejak berusia belia. Ryan Giggs bisa jadi yang memiliki kans paling besar sebagai penerus Sir Alex, mengingat posisinya sebagai Asisten Manajer Manchester United sekarang ini, amat besar kemungkinan Giggsy untuk naik pangkat. Tetapi tidak menutup kemungkinan justru Fergie’s Fledglings yang lain lah yang akan mewarisi tahta Old Trafford. Dari Class of 92 siapakah favorit anda untuk menjadi pewaris Sir Alex Ferguson?

Apa Pendapatmu?