List of feeds URL

Preview Spanyol Vs Belanda: Episode Selanjutnya Tiki-Taka Melawan Back Three

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Spanyol akan memulai perjalanan mempertahankan gelar juara dunia dengan menghadapi Belanda di stadion Arena Fonte Nova di kota Salvador. Uniknya, Belanda adalah tim yang terakhir kali menjadi lawan di World Cup, sekaligus yang dikalahkan di final empat tahun silam untuk merengkuh gelar. Tapi kali ini laga akan jauh berbeda dan pastinya lebih sulit.

 

Mengatakan laga ini akan lebih sulit bagi Spanyol memang kurang realistis, jika melihat hanya tinggal lima pemain Belanda yang tersisa dari Piala Dunia 2010, sedangkan banyak penggantinya yang masih terlalu muda. Tapi tim Oranye mempunyai otak baru dalam diri Louis Van Gaal, tactician legendaris, yang sekarang menukangi Manchester United.

Bagi Spanyol, Piala Dunia kali ini tak ubahnya meneruskan kegemilangan di delapan tahun terakhir dengan berhasil mengoleksi tiga trofi major event. Transisi generasi mereka berjalan begitu mulus sejak era Carlos Puyol dan Marcos Senna di tahun 2008, hingga era Javi Martinez dan Jordi Alba di 2012. Generasi terbaru tahun ini juga memperkenalkan muka-muka baru seperti David De Gea, Koke atau Diego Costa, yang sepertinya sekali lagi dengan mulus melanjutkan tongkat estafet dominasi mereka di dunia.

Belanda tidak sebaik Spanyol ketika melakukan regenerasi, sehingga banyaknya pemain yang melewati peak-nya secara bersamaan di Euro 2012, membuat mereka hancur lebur di turnamen tersebut. Sekarang Van Gaal memimpin generasi baru. Dia mencoba memakai kejeniusannya untuk tetap menjaga level timnya tetap tinggi dan melangkah sejauh mungkin di Brazil 2014. Tidak ada cara mengukur lain yang lebih baik ketimbang mendapat kesempatan melawan tim yang mengalahkan generasi sebelumnya.

Duel Taktik

Di pihak Spanyol, Vicente Del Bosque sepertinya akan menurunkan komposisi menggunakan striker. Di beberapa ujicoba terakhir, mereka selalu mengawali dengan memakai satu striker dan berganti tanpa striker di babak kedua. Diego Costa sudah fit dan begitu juga Fernando Torres. Namun sulit membayangkan Costa tidak menjadi starter.

Terkait:  Indonesia 1 - 1 Malaysia: Goals And Full Highlight AFF U19 2013

Del Bosque juga beberapa saat lalu sempat memberi isyarat akan memakai single pivot, dari pada double pivot. Jadi dia harus memilih antara Sergio Busquets dan Xabi Alonso. Pengganti satu posisi pivot yang sekaligus akan mendampingi Xavi, sepertinya juga tidak akan diberikan ke Andres Iniesta, karena akan terlalu beresiko ke keseimbangan. Koke dan Santi Cazorla cukup sering di posisi itu saat ujicoba. Salah satu dari mereka akan menemani Xavi, sekaligus menambah daya serang daripada memakai double pivot.

Di laga penting, seringkali Del Bosque akan memakai Iniesta di wide forward kiri daripada gelandang tengah. Hal ini berguna untuk menjaga ball possession, daripada memakai natural winger seperti Pedro. Namun Iniesta akan terus bergerak ke tengah dan Jordi Alba yang akan memberi lebar serangan dengan agresif overlap di kiri. Wide forward kanan akan ditempati antara David Silva dan David Villa. Namun Silva lebih berpeluang menjadi starter.

Lanjut halaman: 1 2 3

Apa Pendapatmu?