List of feeds URL

Preview Brazil vs Meksiko: Backthree Akan Memberi Meksiko Kesempatan Melawan

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Jika melihat permainan Meksiko ketika melawan Kamerun, Brazil bisa mengalami kesulitan di flank, terutama serangan Meksiko di flank kiri. Meksiko sangat advance menggedor sisi ini dengan positioning Andres Guardado yang berada di halfspace dan dibantu overlap dari wingback kiri oleh Miguel Layun, serta ditambah Giovani Dos Santos yang juga suka mengawali serangan dari sisi tersebut.

Di beberapa pertandingan terakhir, dari area bertahan Dani Alves ini pula Brazil terlihat labil. Contoh terbaru ketika Kroasia berhasil mendapat gol dari tusukan Ivica Olic. Felipao harus berpikir dua kali tentang siapa yang akan menjadi partner Luiz Gustavo sebagai gelandang bertahan, karena sering kali pemain Wolfsburg itu tidak mampu melindungi Alves sendirian.

Tapi ancaman yang diterima Brazil sepertinya akan berbeda dengan ketika melawan Kroasia, karena Meksiko lebih suka menggunakan flank bukan untuk diakhiri crossing. Meksiko memakai area ini untuk mendapatkan sudut umpan yang bagus guna memasok through pass ke depan. Hal ini akan membuat duet bek tengah, Thiago Silva dan David Luiz, akan lebih intens duel adu cepat daripada adu fisik mengantisipasi crossing.

Jika 3-5-2 bisa memberi keuntungan bagi Meksiko ketika menyerang, formasi tersebut juga bisa memberi masalah ketika bertahan. Problem yang akan dihadapi El Tri bisa berasal dari agresifnya dua fullback Brazil untuk overlap. Dengan Alves dan Marcelo bergerak naik menemani winger di depannya, mereka bisa mengoverload wingback Meksiko yang sendirian di flank.

Ada dua opsi yang bisa dipakai Miguel Herrera untuk membantu wingback ketika di flank. Opsi pertama adalah memakai gelandang tengah yang mungkin diisi Guardado dan Hector Herrera, untuk bergerak ke area tersebut. Tapi pendekatan ini agak rentan membuat area tengah terekspos, apalagi jika Felipao kembali menaruh Neymar menjadi No. 10.

Terkait:  Preview Brazil Vs Kroasia: Ujian Terberat Tim Samba Di Fase Grup Piala Dunia 2014

Opsi kedua adalah menginstruksikan stopper untuk bergerak ke flank. Tapi ini juga bukan solusi sempurna. Jika movement sang stopper tidak cepat dan Brazil mendahului melakukan crossing, situasi di dalam kotak penalti menjadi agak miris dengan berkurangnya satu pemain bertahan. Di pertandingan sebelumnya Kroasia dipaksa menelan pahitnya gelombang crossing dari Brazil dan berakhir mendapatkan hukuman penalti.

Selain serangan dari flank, Brazil juga tetap berbahaya jika menekan dari tengah. Felipao bisa sewaktu-waktu menggeser Neymar ke tengah dan pemain Barcelona tersebut bisa memakai sihir miliknya, yang sampai sekarang cuma bisa dipakai di tanah kelahirannya, untuk mencetak gol.

Peluang Kedua Tim

Brazil akan tetap menguasai lini tengah yang akhirnya memaksa Meksiko melakukan serangan lebih direct. Asalkan Meksiko cukup rapi menyusun serangan cepat dengan memanfaatkan naiknya fullback Brazil, mereka masih mempunyai peluang mencetak gol.

Keberhasian Meksiko menahan serangan Brazil ditentukan oleh pendekatan yang tepat untuk menentukan siapa pemain yang akan membantu wingback di flank. Satu momen saja salah mengambil keputusan, Brazil akan menghukum mereka.

Ada satu lagi keuntungan yang bisa didapat Brazil jika melawan tim non Eropa. Walaupun mereka harus menunggu lama untuk mendapat keunggulan, Brazil masih bisa mendapat gol di fase akhir. Selama ini kecenderungannya adalah tim non Eropa sering kesulitan menjaga intensitas dan konsentrasi selama 90 menit.

Perkiraan Formasi

brazil-mexico

Lanjut halaman: 1 2

Apa Pendapatmu?