List of feeds URL

Persib Goes To Asia: Mengukur Persiapan Persib Untuk Laga 16 Besar

Author: febiaji (twitter: @Ajifebi)

Pagi ini berita yang menjadi topik utama di Jawa Barat khususnya di kota bandung ialah kemenangan Persib atas tim Malaysia Selangor FA, baik media cetak atau pun media elektronik. Bahkan dalam media elektronik menjadi tranding topic #PersibDay.

Tetapi dalam kenyataannya ketika pertandingan dimulai serasa ada yang kurang. Isi stadion terasa sepi karena gemuruh stadion oleh para bobotoh tidak terlalu terdengar bergitu nyaring. Hal itu tidak menjadi penyemangat  buat pemain bermain maksimal dan tentu saja dengan hasilnya menurut semua kalangan di Bandung cukup memuaskan dengan memenangkan pertandingan dengan skor 4-2.

Skor tersebut menambah rekor Persib atas Selangor FA, empat kali bertandingan persib mampu memenangkan tiga pertandingan dan kalah dalam satu pertandingan melawan Selangor. Ada yang unik dalam pertandingan Persib melawan Selangor FA yaitu selalu ada pemain yang mencetak dua gol dan selisih dua gol. Tetapi disini yang akan dibahas bukan masalah kemenangan persib tetapi jadwal yang kurang tepat saat melakukan friendly match.

Sejauh mata saya memandang dan sejauh ilmu yang saya punya, menentukan jadwal pertandingan persahabatan dengan Selangor FA kurang tepat. Tetapi tidak menyalahkan juga keputusan staff pelatih untuk melakukan laga persahabatan tersebut. Menurut saya jika tim baru dibentuk disarankan untuk melakukan uji coba dengan selevel atau bahkan diatas level tim kita. Kenapa? jika tim kita baru dibentuk bertanding dengan tim diatas level tim maka akan memudahkan pemain dan staff pelatih untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan tim secara pribadi atau secara tim.

Dengan demikian pelatih bisa menyusun program latihan dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh tim untuk kedepannya. Saya mengapresiasi kepada pengurus dan staff pelatih PSGC Ciamis yang melakukan pra kompetisi melakukan laga uji coba dengan tim-tim di atas level tim meraka, yang terakhir mereka akan melakukan laga uji coba dengan Selangor FA.

Terkait:  Persipura Dan Dominasi Yang Terus Terjaga

Selanjutnya, jika tim sudah berlatih lama dan sedang mengikuti turnamen atau sebuah pertandingan resmi, seperti halnya Persib, yang sedang berusaha untuk lolos ke 8 besar piala AFC. Menurut saya seharusnya Persib bisa melakukan ujicoba dengan tim di bawah level Persib. Kenapa? Jika tim yang sudah terbentuk dengan latihan yang cukup lama dan bertanding dengan tim di bawah level.

Maka jika menjadi pelatih Persib saya akan menuntut kepada pemain agar bermain sebaik mungkin dan mencetak gol sebanyak mungkin, karena secara psikologis pemain akan terbawa aura kemenangannya saat melawan tim Hongkong Kitchee. Jadi untuk masalah ini pelatih harus focus membangun psikologis pemain agar lebih semangat dan spartan saat melakoni laga fase 16 besar AFC CUP.

Berandai-andai jika pertandingan kemarin Persib melawan Selangor FA tidak disiarkan stasiun televisi nasional. Menurut saya mungkin itu sebuah keberuntungan buat tim. Loh kenapa bisa beruntung? Bukannya dengan disiarkan di televisi nasional tim akan beruntung dengan hak siar yang cukup mahal? Memang tidak bisa disalahkan juga seperti itu agar bisa menambah penghasilan buat tim. Tetapi menurut saya dalam sisi kepelatihan jika tim kita selalu di ekspos terlalu berlebihan maka tim lawan akan lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan tim kita.

Seperti hal nya ketika timnas Belanda berkunjung ke Indonesia, Louis Van Gaal menggelar latihan secara tertutup dan latihan secara terbuka. Menurut saya keputusan Van Gaal cukup bagus dan menjaga privasi tim agar tim lawan tidak bisa mengetahui apa yang akan dilakukan saat melawan Indonesia. Begitu juga seorang Sir Alex Ferguson tidak boleh ada wartawan yang meliput saat Manchester United melakukan latihan di Carrington.

Terkait:  Opsi Permainan Shaqiri Di Tengah Hegemoni Trio Lini Serang Liverpool

Tim hebat itu tidak mungkin dibentuk dengan asal-asalan pasti ada orang-orang hebat di dalamnya …

Apa Pendapatmu?