List of feeds URL

Kenapa Prandelli Tidak Punya Tempat Untuk Rossi Di Gli Azzurri

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Cessare Prandelli sudah memutuskan siapa saja 23 pemain yang akan dibawanya ke Piala Dunia Brazil 2014. Hampir semua tulang punggung di Euro 2012 dipakai lagi, kecuali Riccardo Montolivo yang tiba-tiba cedera parah saat laga ujicoba melawan Irlandia. Hampir selalu ada kontroversi dalam pemilihan pemain, termasuk kali ini. Giuseppe Rossi tidak tercatat dalam tim. Apa ini keputusan yang tepat?

Rossi cedera lutut panjang setelah terkena sebuah tackle dari Leandro Rinaudo saat Fiorentina bertemu Livorno di bulan Januari. Dengan sedikit keajaiban, dia bisa sembuh berapa minggu sebelum Piala Dunia, bisa melakoni empat laga terakhir bersama Fiorentina dan mencetak dua gol.

Rossi lebih beruntung dari Stephan El Shaarawy yang juga mengalami cedera panjang, namun bahkan gagal masuk 30 pemain skuad provisional Gli Azzurri. Alasan Prandelli tetap mengajak Rossi adalah karena simpati terhadap perjuangan sang pemain untuk sembuh dan masuk tim.

“Alasan lain saya panggil Rossi karena sebelum cedera dia adalah topscore liga dan posisi tetap bertahan beberapa minggu setelah dia cedera. Artinya dia sudah melakukan sesuatu yang luar biasa,” kata Prandelli.

Dua hari sebelum pencoretan, Prandelli memberi kesempatan Rossi untuk berduet bersama Ciro Immobile sebagai starter di ujicoba melawan Irlandia. Keduanya tidak maksimal, karena Prandelli sendiri juga tengah menguji banyak pemain cadangan di posisi lain. Tapi akhirnya Rossi tercoret dari tim dan Immobile ikut ke Brazil bersama Antonio Cassano, Mario Balotelli, Lorenzo Insigne dan Alessio Cerci sebagai opsi lain di lini depan.

Banyak Masalah Di Lini Belakang

Prandelli sejak setahun yang lalu menyatakan bahwa untuk berlaga di Brazil, setiap tim bukan hanya butuh 23 pemain sepakbola, namun juga 23 atlit. Mantan pelatih Fiorentina ini merasakan sendiri sulitnya menjaga kondisi fisik pemain di lokasi dengan perubahan kelembaban dan temperatur yang ekstem, seperti yang dialami timnya selama Confederations Cup 2013. Selain itu jarak tiap venue yang berjauhan juga menjadi tantangan tersendiri.

Terkait:  Preview Quarter Final: Argentina Vs Belgia Dan Belanda Vs Kostarika

Dengan pemikiran tersebut, Prandelli tidak mempunyai tempat untuk pemain-pemain yang tidak dalam kondisi fitness yang baik. Skuad Italia sendiri masih dibelit beberapa pemain cedera, terutama di lini belakang. Andrea Barzagli dan Gabriel Paletta masih membawa cedera dari klub masing-masing. Karena alasan ini pula, satu slot pemain cadangan yang disediakan FIFA untuk mengganti pemain yang cedera, diberikan Prandelli kepada Andrea Ranocchia, bukan untuk Rossi.

Formasi Dan Kebutuhan Lini Tengah

Dari 23 pemain yang dibawa ke Brazil, Prandelli membawa tiga kiper, tujuh pemain belakang, delapan pemain tengah dan lima penyerang. Salah satu hal yang memicu kontroversi pencoretan Rossi adalah tetap masuknya Alberto Aquilani dan Marco Parolo. Dua pemain tengah ini tetap dibawa walaupun sulit menjadi pemain inti. Selain itu sebenarnya ada satu slot di tengah yang ditinggalkan Montolivo, tapi Prandelli tetap sulit memberi kesempatan untuk Rossi.

Lanjut halaman: 1 2 3

Apa Pendapatmu?