List of feeds URL

Indonesia U19 5 – 0 Brunei U19: 4-3-3 Unik Indra Sjafri Membuat Timnas Mendominasi Laga

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Tempo

Evan Dimas lebih sedikit melakukan tackle dibanding dua rekannya di tengah, tapi dia punya peran lain yang sangat penting. Dia selalu bergerak ke semua tempat bola berada kecuali di flank kanan. Dengan sering mendapat bola, dia yang mengontrol kecepatan passing dan serangan tim. Karakter Evan yang tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi tempo yang di kembangkan Timnas menjadi sedang.

Tempo sedang membuat semua pemain bisa berada dalam posisinya masing-masing sebelum menusuk masuk kotak penalti Brunei. Hal ini juga memberi waktu pemain Brunei turun, tapi sepertinya Timnas tidak keberatan dan memilih membuka defence Brunei secara Horizontal dengan sabar terus memindah bola ke sisi lain. Mundurnya pemain Brunei inilah yang membuat pressing Timnas ketika kehilangan bola jadi lebih efektif karena jarak yang tidak terlalu jauh memungkinkan mereka langsung melakukan man marking.

Kekurangan

Conversion Rate dari 20 lebih peluang yang hanya menghasilkan lima gol menjadi kekurangan utama Garuda muda. Pengalaman dan kematangan skill memang selalu menjadi kelemahan pemain muda seperti mereka. Memberi mereka banyak kesempatan bermain jadi solusi paling utama. Timnas juga sempat kedodoran ketika di awal laga Brunei langsung mengajak main tempo cepat. Walaupun akhirnya bisa main dengan temponya sendiri, cukup mengkhawatirkan kalau dapat lawan dengan level lebih baik dan mengajak main cepat.

Brunei tidak memberi tes berarti membuat sulit melihat kelemahan lain tim ini. Brunei memainkan pola yang mirip Timnas beberapa tahun lalu dengan 4-4-2 dengan dua sayap murni yang keduanya tidak berguna ketika harus bertahan karena malas turun. Hanya dengan dua orang gelandang bertahan, mudah buat trio midfielder Timnas menguasai lini tengah. Tes yang lebih berat dan mungkin bisa dihadirkan oleh Myanmar di laga selanjutnya akan menunjukkan dimana sebenarnya level tim asuhan Indra Sjafri ini.

Terkait:  Pencarian Identitas Argentina Oleh Sabella Di Antara Penyerang Hebat

Video Goal

Lanjut halaman: 1 2 3

Apa Pendapatmu?