List of feeds URL

Brazil 1 – 7 Jerman: Serangan Balik Berdarah Ala Joachim Low

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Pergerakan oleh Ozil ini membuat Jerman seperti memakai dua striker dan sukses menahan Dante serta David Luiz agar tetap di posisinya. Beberapa kali Luiz coba naik menutup lambat turunnya pemain tengah Brazil ketika bola ternyata dikembalikan ke tengah, hasilnya justru fatal karena Ozil dan Klose malah bebas.

Unsur terakhir dari kombinasi ala Low ini adalah kecepatan dari Khedira dan Kroos untuk naik mendahului Gustavo dan Fernandinho. Mereka melakukannya tidak terlalu rumit, hanya naik lurus dan coba melakukan overload lini belakang Brazil bersama Ozil dan Klose. Mereka juga terbantu karena kadang melakukan pressing naik sebelumnya.

Brazil Habis Dalam 30 Menit

Tuan rumah masuk dalam jebakan Jerman sejak awal dan sama sekali tidak berkutik. Dalam tempo 30 menit mereka sudah harus kecolongan lima gol dengan taktik serangan balik rancangan Low tersebut.

Skema ini sudah dieksekusi manis ketika melawan Perancis dan coba disempurnakan lagi kali ini. Sedikit perubahan adalah dengan menukar posisi Kroos dan Bastian Schweinsteiger, dengan membuat nama pertama lebih di depan untuk mendapat kecepatan yang lebih baik.

Klose yang kembali menjadi starter juga mengemban peran penting. Selain untuk menahan positioning dua bek tengah Brazil, pemain Lazio tersebut juga mengijinkan umpan vertikal langsung ke depan. Situasi ini membuat Jerman bisa bermain jauh lebih direct dan memperoleh kecepatan yang dibutuhkan.

Fungsi Klose menahan bek tengah lawan yang kali ini menjadi fitur mematikan, jika melihat tiga gol Jerman di babak pertama justru dibuat oleh pemain tengah. Jerman juga berkesempatan unggul lebih awal jika tendangan Khedira tidak membentur Kroos sebelumnya.

Serangan yang sangat cepat juga tidak memberi kesempatan Brazil untuk membentuk pertahanan yang solid. Defensive shape Brazil di 30 menit awal sama sekali tidak berbentuk, sehingga membuat mereka sendiri kebingungan siapa yang harus menjaga siapa.

Terkait:  Fernando Torres Movement Melawan Hull City

Yang menarik, justru tidak ada perubahan yang dilakukan Scolari, sehingga Brazil masih menyerang dengan cara yang sama dan bola terus bergulir masuk gawang Julio Cesar satu persatu. Sampai pemainnya mulai melakukan blunder demi blunder yang dimanfaatkan Jerman dengan baik. Marcelo dua kali menggagalkan offside trap yang disusun rekannya dan Fernandinho kehilangan bola dengan mudah di depan kotak penalti.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?