List of feeds URL

Belanda (4) – (3) Kostarika: Waspada Jadi Kunci Van Gaal Taklukkan Pinto

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Duel antara Belanda melawan Kostarika menjadi yang paling menarik di pentas quarter final World Cup 2014 Brazil. Tim Oranye harus menunggu sampai babak adu penalti untuk memastikan jika mereka lebih pantas untuk ke semifinal.

Pertandingan ini bisa jadi yang paling menarik di antara yang lain, karena hanya di laga ini tidak ada gol cepat yang tercipta di awal laga. Fase yang semakin krusial ternyata direspon oleh semua negara tersisa dengan permainan pragmatis ketika sudah unggul.

Beberapa hal membuat duel ini sangat berimbang, terutama pendekatan yang dilakukan Louis Van Gaal yang lebih berhati-hati walaupun timnya memiliki kualitas individu yang lebih baik. Pilihan pelatih anyar Manchester United tersebut terlihat meleset ketika di tengah laga, namun menjadi masuk akal ketika pertandingan mendekati akhir.

netherland-costarica

Pendekatan Kedua Tim

Jorge Luis Pinto tidak merasa perlu mengganti skema yang dia pakai. Kostarika tetap mengusung formasi andalan 5-4-1, skema unik yang telah membawa mereka jauh sampai level ini, apalagi hampir semua pemain utamanya bisa diturunkan.

Tidak ada pemain yang cedera dalam skuad Ticos. Hanya Oscar Duarte yang memiliki larangan bermain karena kartu merah yang didapatkannya saat melawan Yunani di fase 16 besar. Johny Acosta menjadi pemain yang dipilih menggantikan posisi Duarte.

Sedikit perubahan dari Pinto adalah ditukarnya posisi Joel Campbell dan Bryan Ruiz. Campbell sekarang memulai dari flank kanan, sedangkan Ruiz dari tengah dan berperan sebagai false 9.

Di pihak Belanda, hanya Nigel De Jong yang tidak bisa diturunkan karena cedera yang dideritanya ketika bertemu Meksiko. Namun absennya pemain AC Milan tersebut ternyata berdampak sangat besar terhadap tim, sehingga Van Gaal berpikir untuk mengganti sistem secara keseluruhan.

Terkait:  Definisi Ulang Peran Double Pivot Oleh Pellegrini Di Manchester City

Van Gaal sebelumnya memakai Daley Blind untuk menjadi defensive midfielder dadakan menggantikan De Jong di laga melawan Meksiko, namun hasilnya tidak memuaskan karena Belanda akhirnya kebobolan dari pos tersebut. Berangkat dari sini, sepertinya dia tidak mau melakukan kesalahan serupa.

Belanda akhirnya memakai 3-4-3, dengan Blind kembali sebagai wingback kiri, Dirk Kuyt bergeser sebagai wingback kanan dan Memphis Depay menemani Robin Van Persie dan Arjen Robben di depan. Georginio Wijnaldum kembali dipilih sebagai gelandang bertahan dan kali ini ditemani Wesley Sneijder yang sedikit didorong ke belakang.

3-4-3 Untuk Menghadapi 5-4-1

Van Gaal kelihatan memberikan respek yang cukup tinggi kepada pasukan Jorge Luis Pinto, dengan tidak mau melawan Kostarika memakai skema yang biasa dipakai namun pincang karena absennya De Jong. Respek ini sekilas terlihat berlebihan jika melihat level kedua negara, namun babak kedua extra time menunjukkan bahwa lebih hati-hati adalah cara yang paling pas menghadapi Kostarika.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?