List of feeds URL

Belanda 2 vs 0 Chile: Duel Taktik Intens Dan Kesalahan Sampaoli Jadi Pembeda

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Tidak ada yang menyangka jika laga terakhir Chile melawan Belanda akan menjadi laga penentuan juara grup B World Cup Brazil 2014. Tidak berdayanya Spanyol membuat skenario awal banyak prediksi berantakan. Akhirnya Belanda menunjukkan taring di depan Chile dan berhak bertemu runner-up grup A di fase knockout.

 

 

Belanda sudah terlihat lebih berbahaya sejak babak pertama. Mereka bisa menemukan ruang yang cukup luas untuk bisa melakukan serangan dengan tempo yang menjanjikan. Sedangkan Chile gagal mendapatkan permainan asli mereka karena Louis Van Gaal sudah menutup semua situasi yang membuat kesempatan itu terjadi.

Bentrok kedua tim ini sangat taktikal bahkan sejak kedua pelatih menentukan formasi awal yang dipakai. Duel di area ini menjadi sangat menarik, karena berkat kehebatan kedua pelatih inilah yang sebelumnya berhasil membawa timnya masing-masing membenamkan juara bertahan Spanyol.

Tapi kecerdikan dan segudang pengalaman yang dimiliki Van Gaal tidak mampu diimbangi Jorge Sampaoli. Bahkan Sampaoli dipaksa membuat kesalahan, hingga perubahan yang dia lakukan berujung pada kekalahan anak buahnya.

netherland-chile

Pendekatan Kedua Tim

Keputusan tepat dari Van Gaal untuk kembali memakai 3-4-1-2, walaupun sebelumnya skema ini mampu diimbangi Australia. Walaupun masih memakai formasi yang sebelumnya menyulitkan mereka, kali ini Van Gaal mempunyai pendekatan berbeda. Kali ini Belanda lebih konsentrasi untuk bertahan dan menunggu, daripada agresif merebut bola.

Yang menarik adalah pelatih kelahiran Amsterdam, Belanda tersebut mengacak pemain di beberapa posisi, yang juga sekaligus digunakan untuk mengistirahatkan beberapa pemain intinya. Daley Blind yang biasanya menempati posisi wingback kiri, sekarang mundur mengisi posisi Bruno Martins Indi yang absen. Posisi wingback kiri sekarang dihuni Dirk Kuyt.

Sementara di tengah, Georginio Wijnaldum menggantikan peran Jonathan De Guzman yang diistarahatkan. Jeremain Lens menggantikan Robin Van Persie yang juga absen karena larangan bermain. Posisi lain masih diisi pemain utama yang diandalkan Van Gaal setiap memakai 3-4-1-2

Terkait:  Brazil 1 - 7 Jerman: Serangan Balik Berdarah Ala Joachim Low

Yang menarik dari komposisi ini tentu saja di area kiri yang ditempati Blind dan Kuyt. Gemilangnya Blind memainkan peran wingback kiri membuat susunan ini sekilas terlihat seperti 4-3-3, dengan Kuyt sebagai wide forward. Namun praktek di lapangan menunjukkan jika Belanda masih memakai skema tiga bek dan Blind menjadi salah satu pemain diantaranya.

Di pihak Chile, Sampaoli memilih memakai skema 3-4-1-2 terlebih dahulu daripada 4-3-1-2, walaupun kedua formasi tersebut sama menghasilkan tiga poin di dua laga awal. Sampaoli mungkin mengkhawatirkan Belanda akan memakai high up pressing seperti ketika bertemu Spanyol. Jadi pria plontos ini tetap menyiapkan satu spare-man di belakang untuk menghadapi dua striker Belanda.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?