List of feeds URL

Spanyol Menatap Brazil 2014 Dengan Gaya Lama

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Pelatih gaek, Vicente Del Bosque telah mengumumkan skuad final Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2014. Dari beberapa muka baru yang dipanggil mengisi skuad preliminary yang masih berisi 30 pemain, ternyata hanya sedikit saja yang diangkut ke Brazil.

 

Sehari sebelum tanggal dimana Del Bosque mengumumkan 23 pemain yang dibawanya, Spanyol menyempatkan diri beruji coba melawan Bolivia. Di laga itu dia menurunkan beberapa muka baru, seperti: Ander Itturaspe, Alberto Moreno dan Cesar Azpilicueta. Selain untuk melakukan pemantauan akhir, kesempatan pemain-pemain ini turun juga karena mantan pelatih Real Madrid tersebut sedang tidak ingin memainkan pemain dari Real Madrid ataupun Atletico Madrid, yang baru berlaga di final Liga Champions.

Spanyol menang mudah dengan dua gol tanpa balas, walaupun sempat kesulitan di babak pertama. Dua gol yang didapat, dicetak pada babak kedua oleh Fernando Torres dari titik putih dan Andres Iniesta di penghujung laga.

Di babak pertama, Del Bosque memainkan Torres sebagai ujung tombak. Sedangkan di tengah ada trio Xavi Hernandez, Santi Cazorla dan dilengkapi Itturaspe sebagai gelandang bertahan. Di sisi sayap terdapat Pedro di kiri dan Juan Mata di kanan.

Duo Xavi-Cazorla sebagai gelandang tengah, membuat tempo yang dipakai sangat cepat, mirip ketika mereka menekuk Italia di final Euro 2012. Tapi keduanya tidak beratribut finisher, ditambah lagi dengan Mata di kanan. Jadi Spanyol hanya mengandalkan Pedro dan Torres untuk mengancam gawang Bolivia. Walaupun permainan sangat menarik di tengah, style tiki-taka yang dibawa Xavi, tidak banyak membantu Torres menjadi poacher yang bagus.

Spanyol baru terlihat bermain tajam ketika mereka bermain tanpa striker di babak kedua. Itturaspe dan Sergio Busquets sekarang menjadi pivot di tengah. Sedangkan di depannya ada empat pemain, Andres Iniesta, David Silva, Cesc Fabregas dan terakhir Pedro yang dipindah ke kanan, sebelum digantikan Gerard Deulofeu.

Terkait:  Inggris 1 - 2 Italia: Prandelli Tahu Semua Rencana Hodgson

Empat pemain di depan yang pandai mencari goal scoring position dan dua pivot di belakangnya, secara konstan memberi La Furia Roja peluang sekaligus memberi perlindungan dari serangan balik. Namun diantara banyak kesempatan, hanya tembakan jarak jauh Iniesta yang menjadi gol. Sedangkan satu tembakan lagi dari Busquets menghantam tiang gawang Bolivia.

Back To Basic

Setelah laga ini, akhirnya Del Bosque menyingkirkan beberapa pemain untuk merampingkan skuadnya menjadi 23 pemain. Tiga pemain yang sebelumnya bermain, harus tersingkir, yaitu Itturaspe, Moreno dan Deulofeu. Sedangkan ada empat pemain yang belum sempat dicoba juga ikut tergusur, diantanya Alvaro Negredo, Fernando Llorente, Jesus Navas dan Dani Carvajal. Ke tujuh pemain ini menemani Thiago Alcantara yang sebelumnya terlebih dahulu mengubur mimpi Piala Dunia karena cedera.

Lanjut halaman: 1 2

Apa Pendapatmu?