List of feeds URL

Sistem Indra Sjafri Melumpuhkan Skema UEA

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Setelah melewati dua laga pertama Tur Timur Tengah melawan Oman dengan kurang meyakinkan, Timnas Indonesia U19 menyudahi laga ketiga melawan Uni Emirat Arab dengan gaya, menghantam tuan rumah 4-1. Mereka mengingatkan lagi kepada kita betapa superior mereka di level ini, yang sempat tidak terlihat selama laga ujicoba di dalam negeri.

Pelatih Indra Sjafri menurunkan komposisi berbeda daripada ketika melawan Oman U19. Kiper Awan Setho, bek tengah Ryuji Utomo dan pemain tengah Paulo Sitanggang bermain sejak awal. Sedangkan Tiga pemain yang sekarang terpaksa menjadi penghangat bangku cadangan adalah Ravi Murdianto, M. Sahrul dan Zulfiandi.

Perubahan taktikal dari komposisi kali ini cuma pada Paulo yang mengisi posisi Zulfiandi. Paulo lebih bertipe fighter dengan atribut kecepatan lebih baik, sedangkan Zulfiandi seorang passer yang memberi kestabilan di tengah.

Antara UEA, Oman Dan Korea Selatan

Sebelum laga ini berlangsung, UEA mempunyai bekal catatan yang sangat impresif. Tim yang dikomandoi Khalifa Mubarak ini belum terkalahkan dalam delapan laga dan selalu menang di lima laga terakhir, termasuk mengalahkan raksasa Afrika, Mesir dengan skor 2-1. Negara berpopulasi 9 juta jiwa ini juga juara di fase kualifikasi grup AFC U19 Championship, mereka selalu menang dari empat laga dengan catatan memasukkan 15 gol dan hanya kebobolan satu. Tapi di laga ini, Mubarak tidak bisa memainkan empat pemain inti karena masih memperkuat klub masing-masing.

Mubarak menyusun skuadnya memakai 4-4-2 sama seperti yang dipakai Oman sebelumnya. Tapi cara UEA mengeksekusi skema ini berbeda dengan Oman, terutama dalam hal positioning dua winger untuk melakukan high press. Oman mengorbankan sayapnya untuk membantu menekan trio lini tengah Timnas, berusaha mendapatkan fastbreak dan terus mencoba menusuk pertahanan Timnas dari tengah. Cara Oman berhasil mengganggu aliran bola anak asuh Indra Sjafri yang kesulitan keluar area sendiri dan hanya mencatatkan 52% penguasaan bola.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

4 Responses to Sistem Indra Sjafri Melumpuhkan Skema UEA

  1. suryadi soedi says:

    oo..mksh min..tolong donk ulas pertandingan kedua timnas vs uea dan yg terakhir vs as shahab

    • dribble9 says:

      Karena pertemuan kedua tidak terlalu banyak perubahan, saya tidak mengulasnya. Ditunggu lawan Myanmar bulan Mei.

  2. dhik says:

    salah min..yg benar trio yg maen wkt itu evan, paolo dan hargianto

    • dribble9 says:

      Iya benar itu trio yang melawan Oman. Cuma yang di atas saya coba menekankan ke perjalanan Timnas U19 sebelum-sebelumnya 🙂

Apa Pendapatmu?