List of feeds URL

Selamat Datang King Arturo

Author: Dimas Andi Sulistyo (twitter: @dimsulistyo)

Masuknya Vidal ke dalam skuad FC Bayern selama 5 tahun ke depan akan berdampak signifikan pada lini tengah. Bila kita lihat lebih dalam, lini tengah FC Bayern dibagi secara spesifik, mulai dari Alonso (Regista), Thiago yang sekarang terlihat lebih fluent di posisi Central Midfield, dan Vidal yang kemungkinan besar akan ada di posisi Roaming Playmaker.

Roaming Playmaker adalah posisi yang biasanya di isi oleh Khedira ketika kita bicara tentang Timnas Jerman, pemain yang mempunyai daya dobrak dalam membantu serangan dari lini tengah saat midfielder lain disiplin menjaga tempo permainan. Penggemar FC Bayern sudah sepatutnya gembira, karena dengan masuknya masuknya King Arturo, musim 2015/2016 Bundesliga juga ditandai dengan aktif-nya missing-link replika Timnas jerman di sebuah klub raksasa Jerman.

Bicara FC Bayern berarti kita bicara tentang superioritas rotasi berbagai lini yang menjadi kegemaran Pep dalam ber-eksperimen (dalam taktik maupun rotasi), mulai dari Lahm yang di push untuk Versatile (Pemain yang dapat bermain multi-posisi) di gelandang bertahan, begitu juga dengan pemain lain seperti Thiago, Muller, Rode atau bahkan Bernat yang musim lalu (2014/2015) juga dapat bermain sampai di wilayah Wing back.

Pep sangat menggemari pemain yang memiliki Versatility level tinggi, usia muda menjadi santapan empuk Pep dalam melakukan Development Level, usia tua pun tak menjadi halangan untuk dapat mengembangkan Versatility level ke tingkat yang lebih baik, selain rotasi di berbagai lini tertentu dapat ter-cover, hal ini akan memudahkan Pep dalam bereksperimen dengan taktik tak lazim yang ia belum pernah pakai sebelumnya.

Coba hitung, ada berapa banyak pemain FC Bayern yang dapat bermain multi posisi ? Misalnya, Martinez yang dulu menempati posisi Ge;andang bertahan, pada musim Pep melatih sudah dapat covering Centre-Back dgn baik, atau bahkan Höjbjerg yang dapat bermain hampir di semua lini.

Terkait:  Bayern Munchen Dan Lima Hal Yang Membuat Mereka Menyerah Di Allianz Arena

Maju ke area depan, kita melihat berbagai pemain dengan Versatility level yang juga baik, sebut saja Muller, Gotze, Ribery dan Robben, yang dapat bermain di AM/RW/LW atau bahkan CF sekalipun tidak masalah. Inilah yang membuat FC Bayern begitu baik dalam bereksperimen dalam rotasi, begitu juga dalam dalam taktik. FC Bayern punya Versatility level tinggi pada detail posisi pemain per lini, bahkan mereka punya pemain pengganti yang level-nya sama baiknya dengan pemain lain di posisi yang berbeda sekalipun.

Kembali ke Vidal. Tenaga Vidal akan sangat dibutuhkan FC Bayern untuk menambah daya dobrak lini tengah sampai depan, roamer saat midfielder lain menjaga stabilitas tempo, roamer yang berani mendobrak sampai area penalty dengan daya jelajah luas dan tetap disiplin ketika ia harus berada kembali di jantung keseimbangan tim saat midfielder lain membutuhkannya dalam mengatur tempo permainan, roamer yang juga dapat menghentikan dominasi lini tengah lawan saat mereka mulai membangun serangan. Selamat datang Vidal!

 

Twitter : @DimasASulistyo (Dimas Andi Sulistyo)

Instagram : @realdms

Mail : [email protected]

Apa Pendapatmu?