List of feeds URL

Preview Brazil vs Meksiko: Backthree Akan Memberi Meksiko Kesempatan Melawan

Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Laga putaran kedua grup A World Cup 2014 akan mempertemukan dua tim latin yang juga sedang memuncaki grup, Meksiko melawan tuan rumah Brazil. Pemenang laga ini hampir pasti akan menjadi juara grup, tapi Meksiko akan coba bermain lebih realistis.

Walaupun mempunyai peluang, agak meragukan jika Meksiko ingin mendapat tiga poin di laga ini. Setahun lalu di ajang Confederations Cup 2013, mereka sudah bertemu lawan yang sama, namun berakhir kekalahan dua gol tanpa balas. Dua gol kemenangan Brazil dicetak Neymar di awal dan Jo di penghujung laga.

Meksiko masih kalah kelas dari tuan rumah, baik itu dari kualitas pemain atau kerja sama tim. Belum lagi dukungan penonton pasti lebih berpihak kepada tuan rumah. Meski demikian, sebelumnya Meksiko tampil memikat ketika mengalahkan Kamerun. Memang hanya satu gol yang berhasil disarangkan, tapi jangan lupakan dua gol yang dianulir wasit.

Bentrok yang akan terjadi di Stadion Castelão di kota Fortaleza ini mungkin sedikit tidak seimbang. Namun karena kedua tim akan memakai formasi yang memakai pondasi yang bertolak belakang, maka laga tetap dijamin memikat. Ada beberapa duel backthree melawan backfour di Piala Dunia Brazil 2014 ini, dan kita selalu menyaksikan salah satu tim kesulitan mengontrol positioning sang lawan. Situasi tersebut sangat mungkin terjadi lagi kali ini.

Duel Taktik

Hampir dipastikan tidak ada perubahan formasi yang akan dilakukan oleh Luiz Felipe Scolari. Brazil sudah sangat kuat dengan 4-2-3-1 dan Felipao akan membiarkan lawan yang jadi lebih sibuk mencari cara untuk menghentikan mereka.

Scolari akan tetap memakai kejeniusannya untuk mencari titik lemah lawan dan mengeksekusinya dengan rotasi posisi, daripada merubah pakem awal. Selecao Brasileira juga masih punya setumpuk pemain di bench yang bisa memberikan perbedaan dengan karakter masing-masing, apabila serangan macet di babak pertama.

Terkait:  Indonesia U19 3 - 2 Korea Selatan U19: Lebih Kuat Di Tengah Dan Flank

Hampir semua starter melawan Kroasia sebelumnya siap diturunkan lagi. Hanya Hulk yang sedikit bermasalah dengan cedera otot ketika latihan. Jika pemain Zenit Saint Petersburg tersebut harus absen, mungkin Willian atau Bernard akan menjadi starter.

Di pihak Meksiko, Pelatih Miguel Herrera cukup beruntung tidak ada satupun pemainnya yang terganggu cedera ataupun larangan bermain. Sepertinya dia tetap akan memakai 3-5-2, karena skema Brazil tidak berbeda jauh dari Kamerun.

Yang patut dicermati dari Meksiko adalah mereka bisa memakai formasi yang berbeda dengan ketika melawan Brazil di 2013. Waktu itu Meksiko yang masih dilatih Jose Manuel de la Torre memakai 4-2-3-1. Jika benar kali ini memakai 3-5-2, maka mereka akan mengajak Brazil berduel di level yang berbeda.

Lanjut halaman: 1 2

Apa Pendapatmu?