List of feeds URL

Meningkatkan Efisensi Pemanasan Sepakbola

England's national soccer players warm up during a training session for their Euro 2012 soccer match against France
Author: febiaji (twitter: @Ajifebi)

Untuk memulai latihan seharusnya dan memang harus melakukan pemanasan. Banyak bentuk pemanasan yang dilakukan. Tetapi disini pemanasan juga tidak dilakukan dengan sembarangan, walaupun tujuan dari pemanasan sendiri untuk mempersiapkan otot untuk melakukan aktivitas latihan atau pertandingan.

Pemanasan juga harus sesuai dengan apa yang menjadi tujuan utama pada saat latihan atau pertandingan. Misalnya, tim akan melakukan latihan ball possession. Setelah sudah menentukan tujuan latihan makan harus dibuatlah sesi latihan dari awal pemanasan sampai akhir pendinginan atau cooling down. Dari awal pemanasan seharusnya harus berhubungan ball possession, latihan inti sudah pasti latihan ball possession dan diakhiri dengan colling down juga di akhiri dengan yang berhubungan dengan ball possession.

Dengan seperti itu kemungkinan tujuan latihan tersebut akan tercapai. Jangan sampai tujuannya ball possession tetapi latihan banyak melakukan finishing. Kasus kedua jika tim akan melakukan pertandingan, headcoach sudah menentukan taktik yang akan dilakukan saat pertandingan tersebut. Contoh jika headcoach akan melakukan taktik counter attack pada saat melakukan pertandingan maka pemanasaan juga harus sesuai dengan apa yang menjadi taktik tim jangan sampai berlawan dengan taktik yang akan dilakukan dengan taktik tim, agar pemain terbiasa dari awal pemanasan sampai dengan pertandingan.

Pada saat halftime pemain cadangan juga harus melakukan gerakan atau mempersiapkan dengan hal yang berhubungan dengan taktik yang telah disepakati bersama. Jangan sampai taktik counter attack tetapi pemain cadangan melakukan passing berhadapan atau melakukan koordinasi. Passing dan koordinasi yang dilakukan memang tidak salah, tetapi mungkin konteksnya disini masalah efektifitas. Passing memang berguna untuk melakukan counter attack tapi passing yang seperti apa dulu.

Koordinasi juga berguna untuk melakukan counter attack tapi koordinasi yang seperti apa yang harus dilakukan? Kadang pelatih lupa hal seperti ini, bahkan pelatih hanya mengintruksikan pemainnya untuk pemanasan keliling lapangan. Ini mau main bola atau mau balap lari? Bahkan pelatih lupa juga pemanasan untuk seorang penjaga gawang. Penjaga gawang jugakan termasuk bagian dari pemain kenapa harus latihannya berbeda? dan latihan terpisah?

Terkait:  Profesionalisme Dalam Membina Talenta Muda

Kembali lagi ke efisiensi latihan dan tujuan latihan atau pertandingan, penjaga gawang seharusnya dilibatkan dalam tujuan taktik tim. Misalnya pada sesi latihan headcoach menentukan tujuan latihan defend maka penjaga gawang juga harus melakukan latihan defend dan dimulai dari pemanasan yang berhubungan dengan defend seorang penjaga gawang.

Hal ini seharusnya ada komunikasi antara headcoach dengan pelatih penjaga gawang tentang tujuan apa yang ingin dicapai pada latihan agar tujuan latihan bisa tercapai. Dalam hal ini pelatih dituntut untuk melakukan hal-hal yang ada dalam sesi latihan atau pertandingan secara sistematis dan efisien agar apa yang menajadi tujuan latihan atau pertandingan bisa terlaksana dengan baik.

Kesimpulanya maka setiap pelatih harus menentukan tujuan apa yang akan dilakukan secara detail agar hal-hal yang menunjang tujuan bisa di sesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan pelatih. Dan hal yang utama pelatih harus mengerti adalah tentang “sepakbola” bukan tentang atletik.

Apa itu sepakbola? Coba cek deh di web nya www.kickoff!indonesia.com. Karena sepakbola tidak hanya berhubungan dengan fisik semata tetapi ada hal lain yang lebih penting dan lebih besar perannya dalam sepakbola.

Apa Pendapatmu?