List of feeds URL

Lebih Efisien Dan Produktif Dengan Aplikasi Tactic Board

aaa.png
Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Di era teknologi seperti sekarang hampir semua orang memiliki gadget yang hampir setiap waktu bisa digunakan. Hal ini mendorong saya membuat aplikasi Tactic Board untuk membantu menuangkan ide taktik sepakbola melalui layar gadget.

Aplikasi bisa didownload disini.

Papan taktik sebenarnya bukan barang baru di dunia sepakbola. Pada umumnya yang bisa kita temui berupa papan tulis yang sudah (harus digambar dulu) garis-garis lapangan sepakbola dan setelah itu baru kita gambar setiap posisi pemain.

Ada juga yang lebih praktis dengan papan yang dilengkapi dengan kepingan warna-warni bermagnet sebagai simbol pemain. Sehingga lebih mudah untuk memvisualisasikan perpindahan pemain dari posisi satu ke posisi lain, tanpa harus repot menghapus dan menggambar lagi.

Ketika bekerja sebagai analis di Frenz United dan Mitra Kukar, alat-alat ini memang berfungsi seperti seharusnya untuk membantu pekerjaan saya dan juga pelatih. Tapi alat-alat ini juga memiliki keterbatasan yang tidak mendukung efisiensi dan efektifitas tugas dengan terlalu sulit untuk dibawa kesana-kemari karena ukurannya yang besar.

Dari sinilah muncul ide untuk membuat papan taktik tersebut agar bisa masuk ke layar gadget, sehingga bisa menghemat waktu dan mempermudah pekerjaan. Tentu saja dengan semakin efisien kita menyelesaikan tugas, produktifitas kita juga akan semakin meningkat.

Jika papan taktik tradisional menjadi penghambat tugas saya, sepertinya masalah yang sama juga akan dialami praktisi sepakbola lain yang memakai papan taktik tersebut. Oleh karena itu saya berinisiatif membagikan aplikasi Tactic Board ini untuk umum, dengan harapan agar bisa membantu efisiensi tugas para pelaku sepakbola di tanah air.

Fitur-Fitur

Jika anda sudah menginstal aplikasi Tactic Board ini, anda bisa mencoba setiap fitur yang ada didalamnya. Setiap fitur yang diusung idenya berasal dari pengalaman saya sebagai analis, karena awalnya memang dibuat agar membantu pekerjaan saya.

Terkait:  Quote: Jurgen Klopp

Fitur paling utama adalah sebagai pengganti dari papan taktik tradisional. Di menu Formation Board bisa didapati grafis lapangan sepakbola dan kita bisa memasukkan ikon pemain dengan berbagai macam warna dan sebanyak yang dibutuhkan.

Kita bisa menyusun pemain 4 vs 4, 6 vs 6 atau jumlah lain. Untuk lebih cepat, di panel menu ada pilihan untuk memasukkan langsung 2 tim yang akan menyusun pemain 11 vs 11. Di toolbar bagian atas ada menu untuk menghapus pemain jika memang sudah tidak dibutuhkan.

Setiap pemain bisa digeser posisinya sesuka hati, sama persis seperti bagaimana papan taktik tradisional bermagnet bekerja. Kita juga bisa memberikan label bagi setiap pemain untuk menandai nomer, posisi ataupun nama pemain yang dimaksud.

Untuk membantu memperjelas grafis, kita bisa menambahkan panah-panah untuk menunjukkan pergerakan pemain atau arah umpan. Kita juga bisa memasukkan ikon bola, agar orientasi pandangan para pemain bisa lebih dipahami.

Jika sudah selesai menyusun setiap posisi dan grafis yang kita inginkan, jangan lupa menyimpannya agar tidak hilang begitu saja. Yang paling mudah adalah dengan menyimpannya sebagai file gambar, sehingga nanti bisa mudah dipakai untuk presentasi ke tim. Ada juga menu agar gambar bisa langsung dibagikan ke media sosial.

Jika ingin agar grafis bisa diubah lagi nanti, Tactic Board bisa disimpan menjadi file. Dengan menyimpan sebagai file, kita bisa membuka lagi nanti dan tetap bisa mengubah posisi pemain atau panah dan mengoperasikannya seperti sebelumnya.

Fitur ini memungkinkan kita menyusun banyak sekali formasi atau taktik, tanpa harus kehilangan yang sebelumnya. Papan taktik tradisional tidak akan bisa melakukan hal yang sama, sehingga terkadang ide bisa saja menguap setiap kali kita menyusun formasi yang baru.

Terkait:  Quote: Pep Guardiola

Ini adalah fitur favorit saya, karena sewaktu-waktu kita bisa menuangkan ide taktik ke dalam aplikasi lalu menyimpannya. Saya bisa merevisi lagi di waktu yang lain tanpa khawatir akan lupa dengan ide tersebut.

Fitur Presentasi

Karena fungsi utama papan taktik tradisional adalah untuk alat bantu presentasi, aplikasi ini juga dilengkapi fitur presentasi yang dibuat sefungsional mungkin. Untuk pelatih, presentasi dengan alat bantu grafis (visual) akan jauh lebih efektif daripada hanya memakai kata-kata. Tentu kita sudah tahu jika gambar bermakna ribuan kata.

Untuk digunakan sebagai alat bantu presentasi, kita bisa mengaktifkan menu Draw Mode. Dengan aktifnya mode ini, kita bisa menggambar langsung dengan jari di layar untuk menandai sesuatu yg penting, sama seperti ketika guru menerangkan sesuatu di papan tulis.

Kita masih bisa memindahkan posisi pemain di mode ini, tapi tidak bisa untuk menambah pemain atau panah karena layar sedang dibutuhkan untuk menggambar. Kita bisa menonaktifkan Draw Mode jika ingin melakukan proses editing lagi.

Selain panel Formation Board, kita juga bisa menemukan panel Media Board di halaman depan. Media Board juga difungsikan sebagai alat bantu untuk melakukan presentasi, tapi kali ini difungsikan untuk menjelaskan melalui media yang berupa gambar atau video.

Fitur ini sangat powerful untuk membantu melakukan analisa video permainan, seperti apa yang bisa kita lihat saat host pertandingan liga Eropa melakukan analisa video pertandingan di jeda laga. Pemain akan jauh lebih cepat menangkap maksud ucapan pelatih dengan bantuan preview video atau gambar daripada hanya kata-kata saja.

Kita bisa melakukan presentasi video dengan mengawali menyentuh layar satu kali sehingga video berhenti, setelah itu kita bisa mulai menggambar di atasnya dengan jari. Video akan kembali berjalan jika kita menyentuh layar dua kali.

Terkait:  Meningkatkan Efisensi Pemanasan Sepakbola

Apa yang kita gambar di atas video juga bisa kita simpan atau bagikan dalam format file gambar. Ini akan membantu jika kita akan melakukan persiapan presentasi dengan bahan yang cukup banyak.

Satu-satunya kelemahan aplikasi ini sebagai alat bantu presentasi adalah layar gadget yang umumnya terlalu kecil. Kita bisa mengakalinya dengan menggunakan tablet yang berlayar besar. Atau jika ingin presentasi untuk satu ruangan, kita bisa mirroring layar gadget kita ke televisi atau proyektor dengan bantuan kabel HDMI.

Fitur-fitur yang diusung oleh aplikasi ini memang semuanya berasal dari pengalaman pribadi saya sebagai analis. Tapi saya ingin aplikasi ini bisa membantu praktisi sepakbola sebanyak mungkin, terutama para penggiat pembinaan sepakbola usia dini.

Jika ada usul ide-ide tentang fitur tambahan yang nanti bisa membantu banyak orang, dengan sangat senang hati akan saya tambahkan. Silakan aplikasi ini dicoba dan dibagikan gratis.

Aplikasi bisa didownload disini.

Apa Pendapatmu?