List of feeds URL

Indonesia U19 5 – 0 Brunei U19: 4-3-3 Unik Indra Sjafri Membuat Timnas Mendominasi Laga

v7
Author: dribble9 (twitter: @dribble9)

Sudah lama sekali tidak melihat Timnas menang dengan skor telak. Kemenangan meyakinkan lima gol atas Brunei dalam laga pertama AFF U19 sedikit mengobati kerinduan itu. Garuda muda asuhan Indra Sjafri bisa tampil superior selama 90 menit, menghasilkan banyak sekali peluang. Karena tidak ada perlawanan berarti dari Brunei baik secara performa dan taktik, saya buat artikel ini jadi format team focus.

Formasi

inabru

Timnas memakai formasi 4-3-3 dengan dua wide forward yang main melebar. Formasi ini memang paling pas karena Timnas memiliki Evan Dimas di tengah. Fluidity yang dimiliki 4-3-3 bisa mengeluarkan semua potensi dari Evan karena dia bisa masuk hampir di semua sisi lapangan.

Memakai 4-4-2 flat seperti yang dipakai Brunei tentu akan membuat Evan sulit bergerak karena ada empat pemain tengah. Memakai 4-2-3-1 juga kurang bijak karena membiarkan Evan bertarung sendirian lawan double pivot Brunei. Al Qomar dan Hergianto yang jadi rekan Evan di tengah membuat formasi ini jadi komplit. Mereka berdua punya power yang bagus dan menyelesaikan dirty work di tengah dengan baik.

Pola Serangan

Banyak cara dan variasi untuk memainkan 4-3-3 dan Indra Sjafri punya caranya sendiri yang terbilang unik. Hampir semua tim yang memakai 4-3-3 memakai fullback yang agresif naik untuk bisa mendorong wide forward masuk ke tengah.

Uniknya skema Indra Syafri adalah fullback yang tidak agresif naik. Mereka ambil posisi sejajar dengan Hargianto, menjadi passing option untuk pemain di depannya dan menjaga level attack tidak terlalu turun jika dalam posisi sulit. Yang membantu kerja dua winger adalah Evan di kiri dan Al Qomar di kanan.

Jika bola di kuasai salah satu winger, mereka akan overlap baik dari sisi dalam atau luar. Situasi ini membantu Ilham Udin dan Maldini terbebas dari marking fullback Brunei. Juga membuat lubang di tengah karena salah satu dari double pivot Brunei ikut bergeser ke samping atau dalam, gol dari Al Qomar adalah hasil dari proses ini.

Lanjut halaman: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current month ye@r day *