List of feeds URL

Brazil 1 – 7 Jerman: Serangan Balik Berdarah Ala Joachim Low

Brazil v Germany: Semi Final - 2014 FIFA World Cup Brazil
Author: Rochmat Setiawan (twitter: @dribble9)

Brazil hancur lebur di tangan Jerman dengan skor 1-7 di laga semifinal World Cup 2014 yang dihelat di Estadio Mineirao, Belo Horizonte. Tim Panser tidak memberikan waktu untuk Tim Samba bernafas sedikit pun dan berhak menatap final Piala Dunia edisi 20 ini.

Jerman bermain cukup bagus untuk bisa memenangi laga ini, tapi Brazil bermain sangat buruk untuk memungkinkan mereka digunduli. Mentalitas yang diusung Brazil patut di pertanyakan ketika lima gol bisa bersarang ke gawang Julio Cesar hanya dalam 30 menit.

Cedera yang dialami Neymar dan hukuman larangan bermain bagi sang kapten, Thiago Silva, memang mengurangi kekuatan Brazil. Tapi tidak ada yang pernah mengira bahwa level permainan juara dunia lima kali tersebut akan tereduksi lebih dari separuh.

Dari awal laga, Jerman sudah terlihat sangat tajam dengan serangan balik cepat yang dilakukan, namun Brazil seperti tidak terlalu menghiraukan dan tetap bermain dengan cara yang sama. Bahkan setelah gol pertama dari skema tendangan sudut, ataupun gol-gol berikutnya yang hanya berselang beberapa menit, tidak ada indikasi perbaikan dari Luiz Felipe Scolari.

brazil-germany

Pendekatan Kedua Tim

Cedera Neymar tentu sangat merugikan tuan rumah. Pemain Barcelona tersebut sudah membuat empat dari 10 gol yang diukir timnya, sekaligus catatan 3.8 tembakan per laga yang sempat dibuatnya sebelum cedera.

Scolari dikabarkan telah menyiapkan Willian untuk menggantikannya, namun sehari sebelum laga, juga dikabarkan cedera dan akhirnya terpaksa menurunkan Bernard. Pemain Shakhtar Donetsk tersebut menempati sayap kanan dan Hulk bergeser ke kiri.

Untuk pengganti Silva, Scolari tidak perlu berpikir panjang karena Dante punya kualitas yang tidak jauh berbeda. Pemain yang juga mengisi pos bek tengah kiri tersebut adalah tulang punggung kejayaan Bayern Munich beberapa musim terakhir.

Terkait:  Membedah China Bagian 2: Melihat Lebih Dekat Gelandang Bertahan China

Kekuatan Brazil semestinya juga bertambah dengan kembali bermainnya Luiz Gustavo yang sekarang berduet dengan Fernandinho. Oscar sedikit di depan double pivot ini dan kali ini permanen sebagai no. 10 karena absennya Neymar.

Joachim Low memutuskan untuk memakai skuad yang sama persis dengan komposisi yang dipakainya untuk menekuk Perancis. Hal ini berarti Miroslav Klose akan kembali menjadi starter dan akhirnya sukses menambah koleksi golnya, yang juga mengukuhkan dirinya sebagai top scorer sepanjang masa Piala Dunia, melewati Ronaldo Nazario Da Lima.

Sedikit perbedaan ada di detail cara main tiga gelandang, dimana Toni Kroos sekarang jauh lebih cepat naik untuk mengikuti movement Sami Khedira. Kedua pemain tengah Jerman tersebut akhirnya mencetak tiga dari lima gol di babak pertama.

Menunggu Dan Counter Attack Kilat Jerman

Brazil lebih menguasai ball possession di awal laga dan Jerman pun bersedia menunggu sang rival masuk area mereka. Setelah itu tinggal menunggu kapan dan diposisi mana bola akan terlepas, maka kurang dari lima detik, bola sudah akan berpindah ke kotak penalti Brazil dan mengancam gawang Julio Cesar.

Lanjut halaman: 1 2 3 4

Apa Pendapatmu?