List of feeds URL

Apa Yang Terjadi Cristiano?

Author: Aun Rahman (twitter: @aunrrahman)

Menit pertama tambahan waktu babak pertama, Juara Eropa musim lalu Real Madrid mendapatkan hadiah tendangan 12 pas setelah Gareth Bale dijatuhkan Nicolas Otamendi di kotak terlarang.

Madrid vs Valencia

Los Blancos berhadapan dengan Valencia di Santiago Bernabeu dalam lanjutan La Liga yang menyisakan 3 pertandingan lagi. Madrid jelas membutuhkan poin penuh untuk terus menekan Barcelona yang berada di puncak klasemen. Tampil dominan tim tuan rumah justru tertinggal lebih dulu melalui aksi Paco Alcacer dan Javi Fuego.

Tendangan penalti ini bisa menjadi momentum agar Madrid bisa menyamakan kedudukan atau bahkan membalikan keadaan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, eksekusi pemain terbaik dunia 2014 ini berhasil dihalau dengan baik oleh penjaga gawang El Che, Diego Alves. Hal ini membuat tim pemilik sepuluh gelar Liga Champions Eropa ini harus menutup babak pertama dengan tertinggal 2 gol. Andai Pepe dan Isco tidak berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua, Mungkin saja kegagalan eksekusi tersebut akan menjadikan Cristiano sebagai biang kegagalan Madrid menempel ketat Barcelona.

Hasil imbang melawan Valencia kemarin sedikit banyak menggambarkan penurunan performa yang dialami oleh Pemain Terbaik Dunia 3 kali ini. Memang selepas 2014, pada awal tahun Cristiano masih menunjukan ketajamannya, akan tetapi dalam 2-3 bulan terakhir permainan yang ditunjukannya menunjukan penurunan, bahkan dalam beberapa kali kesempatan dirinya terlihat sangat emosional apabila pertandingan tidak berjalan dengan sesuai. Sangat terlihat ekspresi kekecewaanya dalam beberapa momen, mulai dari tidak mendapatkan hadiah penalti ketika dirinya atau rekannya dilanggar, tembakannya tidak menjadi gol, hingga ketika rekan-rekannya membuang peluang emas. Bahkan hingga pertandingan kemarin Ronaldo kembali gagal mencetak gol dari tendangan bebas, yang membuat dirinya tidak mencetak gol dari tendangan bebas dalam 56 kali percobaan. Terakhir dirinya mencetak gol dari tendangan bebas adalah sebulan lalu ketika berhadapan dengan Eibar.

Terkait:  Timnas AFF 2014: Kegagalan Riedl Reinkarnasi Para Jagoan Tua

Penampilan Cristiano di 2015 benar benar menurun drastis dari tahun lalu, dimana dirinya mencetak banyak gol, membawa Real Madrid memenangi La Decima hingga menjadi pemain terbaik dunia untuk ketiga kalinya. Yang terjadi saat ini menimbulkan pertanyaan, apakah yang sebenarnya terjadi dengan Cristiano? 

Banyak hal bisa dianalisa melalui berbagai sudut pandang, tapi ada satu hal yang mungkin tidak disadari oleh banyak pihak, yaitu Ronaldo mulai menua.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro yang lahir pada 5 Februari 1985 di Funchal, Kepulauan Madeira, Portugal ini sudah memasuki usia 30 tahun. Memang masih bisa bermain dalam level tinggi namun jelas fisiknya tidak sama dengan 1 atau 2 tahun kebelakang. Berapa kali Ronaldo cedera justru bukan karena dijegal pemain lawan, akan tetapi justru karena kelelahan? Fisik Ronaldo benar benar bekerja keras, atau dipaksa bekerja keras.

Banyak yang menyebutkan kalau usia emas pesepakbola adalah di kisaran 27-31. Ronaldo yang berusia 30, jelas berada di penghujung usia emas. Secara sederhana meskipun hidup dengan baik dan teratur, kemampuan fisik manusia akan menurun seiring dengan berjalannya waktu, sesuatu yang alamiah. Mantan rekan tim Ronaldo di Manchester United yang baru pensiun pada musim lalu pada usia 39 tahun Ryan Giggs, bahkan pernah menyebutkan bahwa pada mulanya cukup sulit menerima bahwa fisiknya tidak mampu bermain seperti ketika muda, berlari kesana kemari, menyusuri sisi lapangan hingga melewati tiga sampai empat pemain. Giggsy yang berperan sebagai winger makin lama digeser ke tengah untuk bermain sebagai playmaker. Fisiknya memang menurun akan tetapi tidak dengan teknik dan kualitasnya yang membuat dirinya bisa beradaptasi ke posisi baru.

Faktor usia yang menyebabkan penurunan performa Ronaldo bisa jadi tidak valid, buktinya ada banyak pemain yang tetap berprestasi di usia senja. Bahkan Scholes dan Giggs meraih Liga Champions kedua mereka pada usia 34 dan 35 tahun. Akan tetapi yang dialami oleh Ronaldo tidak dialami oleh pemain lain. Disaat dirinya mulai menua, justru sang rival utama Leo Messi berada dalam usia keemasanya. Hal ini jelas menjadi tekanan yang sangat berat bagi Ronaldo, disaat dirinya mulai merasakan tidak secepat dan sebertenaga 2-3 tahun kebelakang, Sang rival justru sedang dalam kondisi terbaiknya dan bahkan terus memecahkan rekor. Bisa jadi ini penyebab berapa kali Ronaldo terlihat gusar dalam beberapa pertandingan terakhir

Terkait:  Apa Jerman Sedang Terjebak Strategi Tanpa Striker

Apa yang salah dengan Cristiano?

Yang sebenarnya terjadi mungkin kita tidak akan pernah tau

Usia bisa jadi bukan penyebab utama

Apa Pendapatmu?