List of feeds URL

Preview Euro 2016: Trio Wonderkid Portugal di Euro 2016

download
Author: Christhoper K.R (twitter: @christhoperKR)

Di jajaran pemain Seleccao das Quinas, julukan timnas Portugal, mungkin pembaca hanya mengenal Cristiano Ronaldo, sosok pria tampan yang lahir pada tanggal 5 Februari 1985 di Funchal, Madeira, Portugal. Prestasi apa yang telah didapat timnas Portugal bersama lelaki itu? Prestasi nihil. Tak sekalipun trofi yang pernah direngkuh negara yang dipimpin oleh Anibal Cavaco Silva di bidang sepakbola.

Selepas pejantan itu merasa lelah membela tanah airnya, mulailah muncul bibit-bibit muda yang siap mewariskan tahtanya. Dengan hadirnya anak muda ini diharapkan Fernando Manuel Costa Santos, pelatih timnas Portugal saat ini, mampu mendatangkan piala bergengsi ke dalam lemari suci.

Sesaat lagi kita akan menyaksikan Euro 2016, Portugal siap dengan kekuatan penuh dan gairah para pemudanya. Ada tiga pemuda Portugal yang siap menjadi pengubah nasib. Semoga ketiganya bisa membawa prestasi di ajang Euro 2016 dan bisa membuat pria berjuluk CR7 ngiler akan aksinya yang berbuah tangga juara.

Berikut ketiga nama pemuda Portugal yang siap mengguncang turnamen di Prancis nanti:

Ruben Neves (18 tahun, FC Porto)

Ruben Neves

Ruben Neves

Pemain asli didikan FC Porto u-19 ini telah membuat klub elit Eropa tertarik untuk memboyongnya, tapi FC Porto keukeuh mempertahankannya. Neves yang tampil memukau sebagai gelandang bertahan mampu membuat lini belakang Dragoes lebih solid. Buktinya, selama main sebelas kali di liga Portugal musim 2015/2016, Neves hanya sekali mengalami kekalahan saat melakoni derby sengit jumpa Sporting CP dengan skor telak, 2-0.

Sampai sekarang, pemain bernama lengkap Ruben Diogo da Silva Neves ini hanya mencetak satu gol dan tiga asis saja. Meski begitu, musim lalu saja, Neves mampu mengantarkan Dragoes finis ke runner-up dibawah SL Benfica. Sejak itu pelatih Portugal, Fernando Santos, mencantumkan namanya ke skuad Seleccao das Quinas untuk Euro 2016. William Carvalho dan Danilo Pereira siap membantu Ruben Neves.

Terkait:  Catatan Laga Timnas U19 Lawan Laos U19

Berlaga selama 2.956 menit diusia 18 tahun sudah membuat performa Neves menjadi matang. Mungkin anda lebih percaya lagi saat melihat aksi timnas Portugal di grup F Euro 2016, skill Ruben Neves akan bersinar di Prancis.

Goncalo Guedes (19 tahun, SL Benfica)

497111604_770x433_acf_cropped

Kualitas pria bernama lengkap Goncalo Manuel Ganchinho Guedes tidak diragukan lagi. Di SL Benfica B saja, Guedes mampu menorehkan delapan gol dan 14 asis dalam kurun 33 pertandingan. Lelaki yang mengambil andil sebagai winger kanan ini sudah melalang-lintang dari timnas Portugal u-15 hingga senior. Muda nan berbakat.

Musim 2015/2016 Guedes pernah dinobatkan sebagai Man of the Match (MotM) saat lanjutan liga Portugal melawan Pacos de Ferreira di kandang dan bertandang ke markas Atletico Madrid di fase grup C liga Champions.

Saat ini ia sudah menggiring selama 5.320 menit untuk skuad As Aguias. Total ada 16 gol, 24 asis dan 13 kartu kuning yang dihasilkannya. Mungkin enam tahun kemudian, Guedes akan menyerupai alien nomor tujuh dari Los Merengues.

Florian Klein dan David Alaba diperkirakan akan sulit menghadang kecepatan dari pria bernomor punggung 20 ini. Tunggu aksi moncer pria asal Benavente ini di grup F piala Eropa 2016.

Bernardo Silva (21 tahun, AS Monaco)

Bernardo Silva

Bernardo Silva

Bekas pemain akademi Benfica ini sedang bersinar bersama Leonardo Jardim, manajer AS Monaco. Timnas Portugal u-19 dan u-21 menjadi saksi bisu kehebatan dalam diri pemain bernama lengkap Bernardo Mota Veiga de Carvalho e Silva. Edgar Borges dan Rui Jorge memoles bintang muda asal Lisboa ini tampil memukau saat membela tanah kelahirannya di piala Eropa u-19 dan u-21.

Sekarang Silva sudah menggiring selama 8.272 menit di lapangan hijau. Hasilnya 13 kartu kuning, 14 asis dan 21 gol sudah ia cetak di 118 pertandingan resmi. Silva yang berperan aktif sebagai winger kanan (laiknya Goncalo Guedes) dan gelandang serang ini membuat hati Fernando Santos, pelatih timnas Portugal, terpukau akan talentanya. Meskipun sudah bermain selama enam kali di skuad Fernando Santos, Silva belum puas akan kinerjanya di timnas.

Terkait:  Wajah Baru Lini Tengah Berlian Allegri

Piala Eropa di Prancis nanti menjadi bukti kekuatan yang sahih dari sosok pemain bernomor punggung sepuluh tersebut. Ketahuilah, bahwa nomor sepuluh di dalam sepakbola adalah nomor keramat (yang terkadang) menakutkan.

Ketiganya masih dianggap anak bawang karena minimnya pengalaman memperkuat tim senior. Selain ketiga nama diatas masih ada kandidat pemain Portugal lainnya, seperti Gelson Martins, Carlos Mane, Iuri Medeiros, dkk. Predikat anak bawang justru membuat gairah bermainnya semakin menggila dan berebut starting eleven.

Liga Portugal akan terus menelurkan wonderkid baru selain nama-nama diatas. (Mungkin) selepas pesta akbar negara Eropa di Prancis, klub liga Tiongkok seperti Jiangsu Suning, Guangzhou Evergrande Taobao, Hebei China Fortune, Shanghai Greenland Shenhua, Shandong Luneng Taishan, Shanghai SIPG, Beijing Guoan, dan Tianjin Teda akan berburu pemain Portugal. Apalagi federasi sepakbola negeri tirai bambu (CFA) bekerja sama dengan FPF (federasi sepakbola Portugal). Esta é a ditosa juventude, minha amada.

Apa Pendapatmu?